WELCOME to MY BLOG

Bagi akhi & ukhti yang ingin meng-copy catatan ato artikel di blog ini, mohon cantumkan sumber setiap catatan di tersenyumlah-hati.blogspot.com demi menjaga keaslian tulisan / karya ato share dilaman networking via share tool dibawah setiap catatan...

Mari berbagi...


- Tersenyumlah -

Minggu, 17 Oktober 2010

Antara kebutuhan dan keinginan

Oleh : Mitra Maulia (15 September 2010 jam 17:58)


Assalaamu'alaikum.war.wab

Sahabatku,

Hari ini aku bercerita tentang keinginan dan harapan. Selayaknya sebagai manusia kita sering meminta berkali-kali dan berharap sesuatu yang kita anggap kita akan berbahagia jika telah memilikinya. Namun tahukah kita hai sahabat???

Tuhan akan memberikan yang kita butuhkan , bukan yang kita pinta…

Suatu hari aku meminta baju sutera, lalu aku hanya mendapatkan baju katun…awalnya aku mengeluh karena hanya diberi katun, lalu di perjalanan aku diserempet sepeda motor, katunku robek dan tak bisa kembali dipakai, lalu dalam bisu aku terpaku…seandainya aku memakai sutera, pasti sudah robek dan lebih menyedihkan karena sutera itu terlalu indah untuk dibuang.

Tuhan akan memberikan yang kita butuhkan , bukan yang kita pinta…

Suatu saat Tuhan mengamanahkan kekayaan yang melimpah kepada seseorang karena Dia tahu org itu bisa menjaga amanahnya dengan sebaik-baiknya, orang itu bisa mengeluarkan zakatnya, memberikan bagian si yatim dan si miskin dari hartanya itu. Tidak kufur nikmat atas hartanya, menggunakannya di jalan yang benar dan menganggapnya sebagai titipan. Lalu dengan egois kita mengeluh atas segala keterbatasan dari pundi-pundi keuangan kita dan merasa tidak adil atas pemberian Tuhan, menganggap diri miskin dan terus-terusan meminta kekayaan kepadaNya. Kemungkinan…Allah tidak mengamanahkan kekayaan itu kepada kita karena dia tau pada nantinya jika diamanahi kekayaan berlebih kita lupa berbagi kepada sesama, lupa berzakat, menggunakan harta itu sekedar foya-foya, mengembangkannya dengan riba, dipakai untuk judi atau berbuatan haram lainnya, lupa bersyukur dan menganggap diri hebat, serta tidak ikhlas jika semuanya hilang dengan tiba-tiba.

Maka ingatlah…Tuhan akan memberikan yang kita butuhkan , bukan yang kita pinta…

Suatu hari seseorang mengungkapkan perasaannya kepada pujaan hatinya, ia sangat ingin halal baginya, namun sang pujaan hati mengurungkan niat untuk menghalalkan hubungan mereka. Mereka terpisah dalam tangis dan kecewa karena cinta yang tak bertemu di ujungnya karena perbedaan prinsip dan pandangan hidup. Dia berusaha menyakinkan bahwa dirinya adalah seseorang yang pantas disayangi dan menyayangi. Ingin mengabdi dan memuliakan, ingin membahagiakan dan mengasihi, mencintai pujaan hatinya hanya karena berharap cintaNya. Namun sang pujaan hati tetap ragu dalam menerima niat tulusnya. Akhirnya Tuhan bekerja dengan tanganNya sendiri, lalu berkata :

“Akan kupilihkan yang terbaik bagimu, maka apa yang akan kau takutkan???”

Keduanya akan berpisah dan bersatu denga izinNya,

“ Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga) (QS.An-Nuur 26)

Ingatlah wahai sahabat,

….Tuhan akan memberikan yang kita butuhkan , bukan yang kita pinta…

Suatu hari seorang suami mengeluh karena merasa istrinya kurang cantik dibandingkan istri temannya, lalu dia meminta sang istri mengoperasi beberapa bagian tubuhnya agar terlihat lebih cantik. Setelah menjalani operasi sang istri memang terlihat lebih cantik dan seksi, namun sang suami kembali resah karena dengan kecantikan dan keseksian istrinya banyak sekali lelaki yang tergoda dan mengganggu sang istri dan akhirnya menjadi rebutan banyak orang, diperhatikan dari tiap sudut tubuh istrinya. Lalu sangat cemburu akan hal itu. Sang suami sangat menyesal dengan apa yang telah terjadi.

Karena dia lupa, bahwa ….Tuhan akan memberikan yang kita butuhkan , bukan yang kita pinta…

Sahabatku,

Begitu banyak permintaan kita yang menyalahi hukumNya, menyalahi jalan kebaikanNya, menganggap diri paling tahu apa yang terbaik untuk kita padahal Dialah Yang Maha Mengetahui segalanya.

Ingatlah bahwa "Rahmat, berkah, nikmat, kesuksesan, bila sudah tiba waktunya menjadi milik kita pasti akan datang juga pada kita.Semua akan indah pada waktunya…"

“Jika dia menginginkan kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karuniaNya" (QS.Yunus :107)

Semoga catatanku hari ini menjadi dapat menjadi bahan renungan bagiku, bagimu dan bagi kita…

Salam sayangku untukmu sahabat... semoga berkah bagiku,bagimu dan bagi kita...

wassalam,